PENDAMPINGAN
PENYUSUNAN RPP 1 LEMBAR MODA DARING
Artikel
Oleh:
I Gede Joniarta
Calon Guru Penggerak Kabupaten Badung
1.1 Latar Belakang
RPP merupakan komponen yang sangat penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu RPP perlu dipersiapan dengan baik sesuai kondisi sekarang ini yaitu situasi pandemic Covid-19 dan disesuaikan dengan daya dukung sekolah.
Akibat pandemic proses pembelajaran diselenggarakan dengan pembelajaran jarak
jauh (PJJ) dalam moda daring. Hal ini tentu akan merepotkan para guru termasuk
guru di SMP Negeri 3 Petang. Sejak PJJ dimulai sampai saat ini, di SMP Negeri 3
Petang hanya 10% (2 orang dari 20 orang)
guru yang memiliki RPP moda daring.
Sehingga hal ini jauh dari harapan. Oleh karena itu perlu diadakan
perubahan yang mendesak agar para guru memiliki RPP 1 lembar moda daring melalui suatu kegiatan nyata
berupa proses pendampingan penyusunan RPP 1 lembar moda daring.
1.2 Deskripsi Aksi Nyata
Kegiatan
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 3 Petang dalam
menyusun RPP 1 lembar moda daring. Sebelum kegiatan ini terlaksana penulis
selaku CGP dari SMP Negeri 3 Petang membuat rancangan awal berupa menyusun agenda
kegiatan pendampingan penyusunan RPP 1 Lembar diantaranya:
a.
Melapor kepada Kepala Sekolah, Kegiatan ini dilaksanakan
pada Kamis, 26 November 2020
b.
Sosialisasi kepada seluruh guru, Kegiatan ini dilaksanakan
pada Kamis, 26 November 2020
c.
Menyusun Jadwal kegiatan
No |
Waktu |
Materi |
Penyaji |
1 |
08.08.30 |
Pembuakaan |
Kepala Sekolah |
2 |
08.30-10.00 |
Kebijakan Sekolah dalam pembekajaran
di masa pandemic covid-19 |
Kepala Sekolah |
3 |
10.00-10.30 |
Istirahat |
|
4 |
10.30-11.00 |
Sosialisasi SE No. 4 Tahun 2020 |
Kepala Sekolah |
5 |
11.00-12.00 |
Overview RPP |
I Gede Joniarta |
6 |
12.00-12.30 |
Istirahat |
|
7 |
12.30-14.00 |
Overview RPP |
I Gede Joniarta |
8 |
14.00-16.00 |
Praktik penyusunan RPP 1 Lembar |
I Gede Joniarta |
d.
Menyiapkan Alat dan Bahan yang diperlukan berupa laptop,
LCD, jaringan listrik, ruangan, dan bahan bacaan terkait penyusunan RPP.
e.
Pelaksanaan Kegiatan pendampingan, Kegiatan ini
dilaksanakan pada Kamis, 3 Desember 2020. Dalam kegiatan pendampingan, CGP
langsung berperan sebagai pemateri.
f.
Pengumpulan Hasil kegiatan. Batas pengumpulan hasil
kegiatan adalah Kamis, 10 Desember 2020.
g.
Refleksi
h.
Tinda lanjut
1.3 Hasil Aksi Nyata
Hasil
yang diperoleh selama menjalankan aksi nyata ini adalah: Guru mengembangkan perangkat
pembelajaran berupa RPP satu lembar. Dari 17 orang guru mata pelajaran, 16 orang
(94,12%) guru sudah menghasilkan RPP satu lembar lengkap sesuai dengan format
yang diberikan.
1.4 Refleksi Aksi Nyata
Hal baik yang di
dapat dari aksi nyata ini adalah para guru bersemangat untuk mengukuti kegiatan
pendampingan. Dan para guru juga sudah mampu membuat RPP satu lembar untuk
pembelajaran di masa pandemic secara daring. Namun kendati pun demikian masih
ada satu orang guru atau 5,88% guru yang belum mampu membuat RPP satu lembar.
Berdasarkan kejadian ini, maka CGP melakukan kajian terhadap kendala yang
dihadapi oleh satu orang guru dari mata pelajaran IPS.
1.5 Rencana Perbaikan di Masa Mendatang
Berdasarkan temuan
tersebut, maka diambil tindakan perbaikan berupa pendekatan kepada guru yang
bersangkutan dan dilakukan pembimbingan secara mandiri disekolah serta melalui
telepon.
Bagi guru-guru
yang sudah mampu membuat RPP satu lembar moda daring diberikan apresiasi dan
penghargaan atas kerja sama dan produk yang dihasilkan.
1.6 Dokumentasi Kegiatan
Gambar
01. Kegiatan Pembukaan pendampingan penyusunan RPP satu lembar moda daring
Gambar 02. Pemaparan Materi RPP satu
lembar oleh CGP
Gambar 03. Guru berkolaborasi menyusun RPP
satu lembar moda daring
Gambar 04. Contoh RPP satu lembar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar