Kamis, 31 Desember 2020

AKSI NYATA 1.3

 

PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RPP 1 LEMBAR MODA DARING

Artikel

 

Oleh:

I Gede Joniarta

Calon Guru Penggerak Kabupaten Badung



1.1  Latar Belakang

 RPP merupakan komponen yang sangat penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu RPP perlu dipersiapan dengan baik sesuai kondisi sekarang ini yaitu situasi pandemic Covid-19 dan disesuaikan dengan daya dukung sekolah.

Akibat pandemic proses pembelajaran  diselenggarakan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam moda daring. Hal ini tentu akan merepotkan para guru termasuk guru di SMP Negeri 3 Petang. Sejak PJJ dimulai sampai saat ini, di SMP Negeri 3 Petang hanya 10% (2 orang dari 20 orang)  guru yang memiliki RPP moda daring.  Sehingga hal ini jauh dari harapan. Oleh karena itu perlu diadakan perubahan yang mendesak agar para guru memiliki RPP 1 lembar  moda daring melalui suatu kegiatan nyata berupa proses pendampingan penyusunan RPP 1 lembar moda daring.

 

1.2  Deskripsi Aksi Nyata

 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 3 Petang dalam menyusun RPP 1 lembar moda daring. Sebelum kegiatan ini terlaksana penulis selaku CGP dari SMP Negeri 3 Petang membuat rancangan awal berupa menyusun agenda kegiatan pendampingan penyusunan RPP 1 Lembar diantaranya:

a.      Melapor kepada Kepala Sekolah, Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 26 November 2020

b.      Sosialisasi kepada seluruh guru, Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 26 November 2020

c.       Menyusun Jadwal kegiatan

 

No

Waktu

Materi

Penyaji

1

08.08.30

Pembuakaan

Kepala Sekolah

2

08.30-10.00

Kebijakan Sekolah dalam pembekajaran di masa pandemic covid-19

Kepala Sekolah

3

10.00-10.30

Istirahat

 

4

10.30-11.00

Sosialisasi SE No. 4 Tahun 2020

Kepala Sekolah

5

11.00-12.00

Overview RPP

I Gede Joniarta

6

12.00-12.30

Istirahat

 

7

12.30-14.00

Overview RPP

I Gede Joniarta

8

14.00-16.00

Praktik penyusunan RPP 1 Lembar

I Gede Joniarta

 

d.      Menyiapkan Alat dan Bahan yang diperlukan berupa laptop, LCD, jaringan listrik, ruangan, dan bahan bacaan terkait penyusunan RPP.

e.      Pelaksanaan Kegiatan pendampingan, Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 3 Desember 2020. Dalam kegiatan pendampingan, CGP langsung berperan sebagai pemateri.

f.        Pengumpulan Hasil kegiatan. Batas pengumpulan hasil kegiatan adalah Kamis, 10 Desember 2020.

g.      Refleksi

h.      Tinda lanjut

 

 

1.3  Hasil Aksi Nyata

 

Hasil yang diperoleh selama menjalankan aksi nyata ini adalah: Guru mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP satu lembar. Dari 17 orang guru mata pelajaran, 16 orang (94,12%) guru sudah menghasilkan RPP satu lembar lengkap sesuai dengan format yang diberikan.

   

1.4  Refleksi Aksi Nyata

Hal baik yang di dapat dari aksi nyata ini adalah para guru bersemangat untuk mengukuti kegiatan pendampingan. Dan para guru juga sudah mampu membuat RPP satu lembar untuk pembelajaran di masa pandemic secara daring. Namun kendati pun demikian masih ada satu orang guru atau 5,88% guru yang belum mampu membuat RPP satu lembar. Berdasarkan kejadian ini, maka CGP melakukan kajian terhadap kendala yang dihadapi oleh satu orang guru dari mata pelajaran IPS.

  

  

1.5  Rencana Perbaikan di Masa Mendatang

Berdasarkan temuan tersebut, maka diambil tindakan perbaikan berupa pendekatan kepada guru yang bersangkutan dan dilakukan pembimbingan secara mandiri disekolah serta melalui telepon.

Bagi guru-guru yang sudah mampu membuat RPP satu lembar moda daring diberikan apresiasi dan penghargaan atas kerja sama dan produk yang dihasilkan.

 

1.6  Dokumentasi Kegiatan 

 Gambar 01. Kegiatan Pembukaan pendampingan penyusunan RPP satu lembar moda daring

Gambar 02. Pemaparan Materi RPP satu lembar oleh CGP

Gambar 03. Guru berkolaborasi menyusun RPP satu lembar moda daring

Gambar 04. Contoh RPP satu lembar









Tidak ada komentar:

Posting Komentar