KELOMPOK : 2
Anggota
:  1. I Gede Joniarta
                    2. Ni Made Sulistrisiana Dewi
Tabel Penyusunan Teknik  Pembelajaran Kompetensi Sosial dan
Emosional (KSE)
Petunjuk:
1.      
Terdapat
5 KSE yang sedang dipelajari, yaitu: a. Kompetensi Kesadaran Diri- Pengenalan
Emosi, b. Kompetensi Pengelolaan Diri– Mengelola Emosi dan Fokus, c. Kompetensi
Kesadaran Sosial – Keterampilan Berempati, d. Kompetensi Kemampuan
Berinteraksi/berhubungan Sosial, e. Kompetensi Pengambilan Keputusan yang
Bertanggungjawab
2.       Buatlah contoh penerapan Keterampilan
sosial-emosional dalam lingkup kegiatan rutin, terintegrasi dalam pebelajaran,
dan dalam protocol (budaya atau tata tertib sekolah)
3.       Setiap kelompok membuat 2 (dua) contoh penerapan
keterampilan sosial-emosional (salah satu ditetapkan oleh fasilitator dan satu
lainnya bebas memilih sesuai pilihan kelompok)
4.       Setiap kelompok mendiskusikan tugas dalam breakout
room dan jika waktu tidak mencukupi maka dapat dituntaskan secara mandiri dan
akan diunggah di LMS 2.2.a.5.1 Unggah hasil ruang kolaborasi pada hari Jumat tanggal
26 Februari 2021
5.       Hasil tugas kelompok tersebut akan dipresentasikan
pada hari Sabtu tanggal 27 Februari 2021 sesuai jadwal Vicon
6.     
Sebagai
referensi tentang bagaimana menyusun teknik pembelajaran KSE silahkan
mempelajari 16 contoh pada lampiran 2 halaman 70 modul 2.2.
| KSE | RUANG  LINGKUP | TEKNIK PEMBELAJARAN  KSE (sesuai dengan
  jenjang pendidikan murid) | 
| KOMPETENSI PENGELOLAAN
  DIRI | RUTIN
  (waktu khusus  di luar kegiatan akademik) | 1.   
  Teknik Bernafas dengan
  kesadaran penuh 2.   
  Penjelasan tentang apa
  yang dilakukan guru : Mengajak siswa untuk bernafas dengan kesadaran penuh. Minta murid untuk berhenti
  melakukan kegiatan apapun dan menarik nafas dalam-dalam dan kemudian
  melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan sebanyak 10 kali. Minta mereka untuk
  merasakan jalannya nafas  masuk dan
  keluar dari tubuh, lalu minta mereka merefleksikan apa yang mereka rasakan
  pada tubuh, pikiran, dan perasaan mereka setelah melakukan kegiatan tersebut. 3.   
  Penjelasan tentang apa
  yang dikatakan
  pada murid: Guru menanyakan perasaan murid setelah melakukan kegiatan itu 4.   
  Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk
  merileksasikan ketegangan dan stress yang dialami oleh pikiran | 
| Terintegrasi dalam mata pelajaran | 1.      
  Teknik Menyadari
  Kondisi Tubuh (Body Scanning) 2.   
  Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Mengajak siswa untuk
  menyadari kondisi tubuh. Arahkan perhatian siswa pada bagian tubuh yang spesifik
  contohnya tangan kanan, setelah itu tarik nafas mendalam. Amati tangan kanan
  untuk merasakan sensasinya. 3.   
  Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Apa yang
  kalian rasakan setelah melakukan kegiatan tersebut? 4.   
  Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk
  merileksasikan otot-otot pada tangan sehingga kelelahan pada otot bisa dihilangkan. | |
| PROTOKOL
  (BUDAYA atau TATA TERTIB) | 1.   
  Teknik: Mindful Eating 2.   
  Penjelasan tentang apa
  yang dilakukan guru: Minta
  murid-murid mengikuti Model S-S-S untuk mempraktekkan pola makan dengan
  berkesadaran ·        
  Sit
  - minta anak duduk saat makan ·        
  Slow
  - minta anak untuk makan secara perlahan ·        
  Savor
  - minta siswa menikmati makanan mereka (mengunyahnya dengan benar, merasakan
  tekstur dan rasa dari makanan yang mereka makan) ·        
  Ajak
  murid untuk merefleksikan perbedaan makan dengan berkesadaran dan tidak. 3.   
  Penjelasan tentang apa
  yang dikatakan pada murid: Guru meminta murid untuk duduk, murid diajak untuk
  berdoa dan makan dengan baik dan kesadaran 4.   
  Penjelasan tentang
  tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan murid untuk makan dengan
  kesadaran penuh. | 
| KSE | RUANG  LINGKUP | TEKNIK PEMBELAJARAN  KSE (sesuai dengan
  jenjang pendidikan murid) | 
| KOMPETENSI BERINTERAKSI DAN  BERHUBUNGAN SOSIAL | RUTIN
  (waktu khusus  di luar kegiatan akademik) | 1.   
  Teknik: Cari teman baru 2.   
  Penjelasan tentang apa
  yang dilakukan guru: :
  Berikan tantangan pada murid untuk duduk dengan teman yang berbeda saat makan
  siang di kantin.Dorong mereka untuk mencoba memulai pembicaraan dengan teman
  tersebut. 3.   
  Penjelasan tentang apa
  yang dikatakan pada murid: Minta
  mereka cerita tentang pengalaman mereka dan hal yang berkesan dan
  menuliskannya dalam buku jurnal mereka. 4.   
  Penjelasan tentang
  tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sosial murid | 
| Terintegrasi dalam mata pelajaran | 1.   
  Teknik: Kegiatan Menulis Pengalaman
  Bekerjasama Dalam Kelompok 2.   
  Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: murid diminta untuk mengingat Kembali dan memikirkan
  kejadian/pengalaman yang pernah dialami saat mereka bekerja sama di dalam
  kelompok.  3.   
  Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:  mengajak murid untuk memikirkan bagaimana kondisi saat diskusi
  kelompok berjalan dengan baik dan tidak berjalan baik. Apa perbedaan dari
  kedua kondisi tersebut  4.   
  Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan
  siswa bekerja dalam kelompok dengan tertib. | |
| PROTOKOL
  (BUDAYA atau TATA TERTIB) | 1.   
  Teknik Kesepakatan Kelas 2.   
  Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Guru meminta murid berinteraksi
  dalam Menyusun aturan untuk disepakati bersama 3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada
  murid: Bagaimana kondisi kelas yang diinginkan agar nyaman dalam belajar? 4.   
  Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk
  meningkatkan interaksi sosial dengan Menyusun kesepakatan kelas | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar