Jumat, 26 Februari 2021

Penerapan Strategi KSE (Kompetensi Sosial-Emosional)

 

KELOMPOK : 2



Anggota :  1. I Gede Joniarta

                    2. Ni Made Sulistrisiana Dewi

Tabel Penyusunan Teknik  Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE)

Petunjuk:

1.       Terdapat 5 KSE yang sedang dipelajari, yaitu: a. Kompetensi Kesadaran Diri- Pengenalan Emosi, b. Kompetensi Pengelolaan Diri– Mengelola Emosi dan Fokus, c. Kompetensi Kesadaran Sosial – Keterampilan Berempati, d. Kompetensi Kemampuan Berinteraksi/berhubungan Sosial, e. Kompetensi Pengambilan Keputusan yang Bertanggungjawab

2.       Buatlah contoh penerapan Keterampilan sosial-emosional dalam lingkup kegiatan rutin, terintegrasi dalam pebelajaran, dan dalam protocol (budaya atau tata tertib sekolah)

3.       Setiap kelompok membuat 2 (dua) contoh penerapan keterampilan sosial-emosional (salah satu ditetapkan oleh fasilitator dan satu lainnya bebas memilih sesuai pilihan kelompok)

4.       Setiap kelompok mendiskusikan tugas dalam breakout room dan jika waktu tidak mencukupi maka dapat dituntaskan secara mandiri dan akan diunggah di LMS 2.2.a.5.1 Unggah hasil ruang kolaborasi pada hari Jumat tanggal 26 Februari 2021

5.       Hasil tugas kelompok tersebut akan dipresentasikan pada hari Sabtu tanggal 27 Februari 2021 sesuai jadwal Vicon

6.      Sebagai referensi tentang bagaimana menyusun teknik pembelajaran KSE silahkan mempelajari 16 contoh pada lampiran 2 halaman 70 modul 2.2.

 

KSE

RUANG

LINGKUP

TEKNIK PEMBELAJARAN  KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

KOMPETENSI PENGELOLAAN DIRI

RUTIN (waktu khusus  di luar kegiatan akademik)

1.    Teknik Bernafas dengan kesadaran penuh

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru : Mengajak siswa untuk bernafas dengan kesadaran penuh. Minta murid untuk berhenti melakukan kegiatan apapun dan menarik nafas dalam-dalam dan kemudian melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan sebanyak 10 kali. Minta mereka untuk merasakan jalannya nafas  masuk dan keluar dari tubuh, lalu minta mereka merefleksikan apa yang mereka rasakan pada tubuh, pikiran, dan perasaan mereka setelah melakukan kegiatan tersebut.

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Guru menanyakan perasaan murid setelah melakukan kegiatan itu

4.    Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk merileksasikan ketegangan dan stress yang dialami oleh pikiran

Terintegrasi dalam mata pelajaran

1.       Teknik Menyadari Kondisi Tubuh (Body Scanning)

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Mengajak siswa untuk menyadari kondisi tubuh. Arahkan perhatian siswa pada bagian tubuh yang spesifik contohnya tangan kanan, setelah itu tarik nafas mendalam. Amati tangan kanan untuk merasakan sensasinya.

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Apa yang kalian rasakan setelah melakukan kegiatan tersebut?

4.    Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk merileksasikan otot-otot pada tangan sehingga kelelahan pada otot bisa dihilangkan.

PROTOKOL (BUDAYA atau TATA TERTIB)

1.    Teknik: Mindful Eating

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Minta murid-murid mengikuti Model S-S-S untuk mempraktekkan pola makan dengan berkesadaran

·         Sit - minta anak duduk saat makan

·         Slow - minta anak untuk makan secara perlahan

·         Savor - minta siswa menikmati makanan mereka (mengunyahnya dengan benar, merasakan tekstur dan rasa dari makanan yang mereka makan)

·         Ajak murid untuk merefleksikan perbedaan makan dengan berkesadaran dan tidak.

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Guru meminta murid untuk duduk, murid diajak untuk berdoa dan makan dengan baik dan kesadaran

4.    Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan murid untuk makan dengan kesadaran penuh.

 

 

KSE

RUANG

LINGKUP

TEKNIK PEMBELAJARAN  KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

KOMPETENSI BERINTERAKSI DAN  BERHUBUNGAN SOSIAL

RUTIN (waktu khusus  di luar kegiatan akademik)

1.    Teknik: Cari teman baru

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: : Berikan tantangan pada murid untuk duduk dengan teman yang berbeda saat makan siang di kantin.Dorong mereka untuk mencoba memulai pembicaraan dengan teman tersebut.

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Minta mereka cerita tentang pengalaman mereka dan hal yang berkesan dan menuliskannya dalam buku jurnal mereka.

4.    Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sosial murid

Terintegrasi dalam mata pelajaran

1.    Teknik: Kegiatan Menulis Pengalaman Bekerjasama Dalam Kelompok

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: murid diminta untuk mengingat Kembali dan memikirkan kejadian/pengalaman yang pernah dialami saat mereka bekerja sama di dalam kelompok.

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:

mengajak murid untuk memikirkan bagaimana kondisi saat diskusi kelompok berjalan dengan baik dan tidak berjalan baik. Apa perbedaan dari kedua kondisi tersebut

4.    Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa bekerja dalam kelompok dengan tertib.

PROTOKOL (BUDAYA atau TATA TERTIB)

1.    Teknik Kesepakatan Kelas

2.    Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Guru meminta murid berinteraksi dalam Menyusun aturan untuk disepakati bersama

3.    Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Bagaimana kondisi kelas yang diinginkan agar nyaman dalam belajar?

4.    Penjelasan tentang tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dengan Menyusun kesepakatan kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar