Jumat, 12 Februari 2021

RPP Berdiferensiasi

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

JARAK JAUH (DARING)

 

Satuan Pendidikan         :  SMP Negeri 3 Petang

Mata Pelajaran              : IPA

Kelas / Semester             : IX / 2 (genap)

Pokok Bahasan             : Bioteknologi

Pembelajaran ke            : 1

 

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Melalui diskusi, murid dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi dengan tepat

2.       Melalui survei, murid dapat menyebutkan 4 contoh bioteknologi yang ada di sekitar rumah dengan baik.

3.       Setelah membaca buku paket, murid dapat membedakan 2 jenis  bioteknologi dengan tepat.

 

B.    SUMBER BELAJAR

1.    Aplikasi Zoom, Whatsapp, google classroom

2.    Lingkungan disekitar murid berupa warung/minimarket

3.    Buku panduan pegangan guru IPA kelas 9 SMP kurikulum 2013

4.    Buku murid siswa kurikulum 2013 kelas 9

             

C.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

        Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdoa, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian menggunakan platform daring yang dipilih.

        Guru menanyakan murid tentang kegiatan yang diberikan pada pertemuan sebelumnya untuk mengamati produk bioteknologi yang ada di lingkungan sekitar rumah (warung, minimarket, atau dapur).

        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

        Murid melakukan absen di google classroom

Kegiatan Inti

·      Minta murid untuk: 

1.       Menyampaikan hasil pengamatan produk bioteknologi di lingkungan sekitar rumah (warung, minimarket atau dapur).

2.       Melakukan diskusi hasil pengamatan dengan saling memberikan masukan atau tanggapan pada pendapat teman-teman di kelas.

3.       Membaca buku siswa Bab 7 tentang bioteknologi.

4.       Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan bioteknologi

5.       Mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan itu melalui forum diskusi online.

6.       Mendiskusikan perbedaan bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern.

 

·     Untuk murid yang belum bisa melaukan observasi/pengatan karena belum dapat menulis dengan lancar,atau masih malu-malu melakukan observasi, guru akan melakukan bimbingan individual atau meminta orang tua membantu melatih murid tersebut membuat kalimat pertanyaan sederhana. Guru akan membagikan beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh orang tua di rumah. (Guru melakukan diferensiasi proses).

 

·     Sebagai produk pembelajaran, murid kemudian diminta untuk menyajikan hasil observasi pruduk bioteknologi yang ada di sekitar rumah dan perbedaan bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern  melalui berbagai cara (bisa dengan gambar, poster, paragrap pendek, atau artikel pendek. (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan kesiapan/readiness). Dengan ketentuan :

1.       Murid yang sudah bisa menulis akan menjelaskan dalam bentuk tulisan.

2.       Murid yang belum bisa menulis dengan lancar, boleh menjelaskan dalam bentuk gambar yang dibubuhi dengan satu atau dua kata dan kemudian menjelaskannya secara lisan.

 

·     Murid dapat mengirimkan pekerjaan kepada guru melalui aplikasi WA atau google classroom. Pekerjaan murid dapat di foto atau mengirimkan filenya langsung sampai batas watu yang ditentukan di google classroom.

Kegiatan Penutup

        Guru meminta murid untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir sesi.

        Guru memberikan umpan balik kepada murid. 

        Guru menyampaikan tugas untuk membaca materi penerapan bioteknologi yang kan di bahas pada pertemuan berikutnya.

        Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terimakasih, doa, dsb).

 

 

D.     PENILAIAN

Sikap                   : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas.

Pengetahuan        : Menunjukkan pengetahuan tentang bioteknologi

Keterampilan         : Mendemonstrasikan keterampilan membuat poster, artikel sederhana. 

 

Strategi dan Alat Penilaian: 

Penilaian Sikap

-       Strategi: Observasi ketepatan waktu pengumpulan tugas

-       Alat: Catatan di google classroom

 

No

Nama murid

Tanggal penyetoran tugas

skor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Rubrik Penilaian

Uraian

Skor

Laporan disetor 2 minggu lewat batas waktu

1

Laporan disetor 1 minggu lewat batas waktu

2

Laporan disetor 5 hari lewat batas waktu

3

Laporan disetor 3 hari lewat batas waktu

4

Laporan disetor tepat batas waktu

5

 

Penilaian pengetahuan

Teknik : Tes Tulis

Bentuk : Pilihan ganda

 

Instrumen Penilaian Pengetahuan  (https://forms.gle/TPEmkxtopPrSg1kb7) :

 

Petunjuk

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

 

1.       Keuntungan proses fermentasi makanan adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. nilai gizi lebih tinggi
b. cita rasa lebih baik
c. harganya lebih murah
d. aroma lebih menarik

2.       Tindakan berikut ini yang dilakukan dalam bioteknologi modern adalah ....
a. tidak menggunakan prinsip ilmiah
b. menggunakan peralatan canggih
c. dilakukan secara sederhana
d. tidak diproduksi secara besar-besaran

3.       Rekayasa genetika sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia, antara lain ....

a.    memperoleh hormon insulin dengan memanfaatkan bakteri

b.    meningkatkan kesuburan tanah dengan pupuk buatan

c.    menentukan unsur yang diperlukan oleh tanaman

d.    memperoleh cara pengobatan penyakit dengan tepat

4.       Dengan bioteknologi, reproduksi tanaman secara vegetatif dalam jumlah yang banyak dan seragam dapat dilakukan melalui cara ....
a. rekombinasi gen
b. cangkok
c. hidroponik
d. kultur jaringan

5.       Bioteknologi merupakan penerapan berbagai bidang ilmu, yaitu ....
a. biologi, matematika, fisika, dan kimia
b. biologi, kimia, fisika, dan pertanian
c. mikrobiologi, genetika, biologi molekuler, dan biokimia
d. biologi, kimia, matematika, dan genetika

6.       Perbedaan antara bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern terletak pada ....
a. produk yang dihasilkan
b. manfaat produknya
c. mikroorganisme yang digunakan
d. prinsip-prinsip ilmiah yang digunakan

7.       Produk bioteknologi modern antara lain....
a. tempe, tape, kecap, dan asam amino
b. asam amino, kecap, vaksin, dan enzim
c. enzim, vaksin, asam amino, dan antibiotika
d. tempe, asam amino, antibiotika, dan cuka

8.       Gas bio sebagai hasil bioteknologi memiliki kelebihan, yaitu ....
a. tidak menyebabkan pencemaran lingkungan
b. diproduksi oleh mikroorganisme
c. mudah memproduksinya
d. bahan bakunya limbah pertanian dan peternakan

9.       Yang dapat kita golongkan sebagai protein sel tunggal adalah ....
a. protein kedelai dan kacang tanah
b. protein sel ganggang dan ragi
c. protein ikan dan daging
d. protein tahu dan tempe

10.   Dampak negatif bioteknologi haruslah tetap diwaspadai sebab ....
a. mikroorganisme akan bertambah banyak
b. merusak tatanan kehidupan manusia
c. organisme transgenik dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan
d. meningkatkan pencemaran lingkungan


Kunci jawaban :
1.c 2.b 3.a 4.d 5.c 6.d 7.c 8.d 9.b 10.c

   Rubrik Penilaian

No

Nama murid

Skor perolehan

Nilai

Tuntas/belum tuntas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                        Skor perolehan

Nilai     =  --------------------------------- x 100

                        Skor maksimal

 

Keterampilan

Teknik : Penilaian pruduk poster, artikel, paragraph pendek

 

Rubrik

Kelengkapan dan ketepatan deskripsi

Uraian

Skor

Deskripsi laporan tidak lengkap dan tidak tepat

1

Deskripsi laporan lengkap dan kurang tepat

2

Deskripsi laporan kurang lengkap kurang tepat

3

Deskripsi laporan lengkap dan tepat

4

Deskripsi laporan sangat  lengkap dan tepat

5

 

No

Nama murid

Skor perolehan

Nilai

Tuntas/belum tuntas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                        Skor perolehan

Nilai     =  --------------------------------- x 100

                        Skor maksimal

 

 

E.      BAHAN AJAR

 

1.       Pengertian dan prinsip dasar bioteknologi

Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup untuk menghasilkan barang dan jasa. Makhluk hidup yang dipakai dalam bioteknologi disebut sebagai agen bioteknologi. Agen disini ga kaya FBI atau CIA ya. Tapi berupa mikroorganisme yang udah baik banget mau membantu bioteknologi.

Mikroorganisme yang digunakan dalam bioteknologi bisa dalam keadaan utuh atau hanya sebagian. Maksudnya gimana tuh? Maksudnya, kalau dalam keadaan utuh artinya mikroorganisme langsung dipakai secara utuh untuk menghasilkan produk atau jasa bioteknologi. Misalnya, kalau mau bikin nata de coco maka bisa langsung menggunakan bakteri Acetobacter Xylinum. Contoh lainnya kacang kedelai yang langsung ditambahkan jamur Rhizopus oryzae untuk membuat tempe. Terus, agen bioteknologi sebagian yang kaya gimana? Artinya, makhluk hidup yang digunakan adalah sebagian dari makhluk hidup itu, misal hanya diambil enzim atau DNA-nya.

Oh iya, meskipun nata de coco menggunakan mikroorganisme bakteri dalam pembuatannya, jangan takut ini bakal merusak kesehatanmu ya. Karena, penggunaan agen bioteknologi ini sudah diuji dan diolah sedemikian rupa sehingga aman untuk kesehatan.

 

2.       Jenis bioteknologi

Berdasarkan dua jenis agen bioteknologi, bioteknologi digolongkan menjadi dua, yaitu bioteknologi konvensional (tradisional) dan bioteknologi modern. Apa aja sih ciri-cirinya?

 

Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi Modern

Menggunakan mikroorganisme utuh secara langsung

Menggunakan sebagian dari mikroorganisme (bisa DNA, RNA, atau ensim dari mikroorganisme)

Teknologi (teknik dan peralatan) masih sederhana

Teknologi (teknik dan peralatan) sudah canggih

Pemanfaatan mikroorganisme terbatas

Pemanfaatan mikroorganisme ditambah teknologi moder

Jasa/produk yang dihasilkan umumnya digunakan untuk kalangan sendiri

Jasa/produk yang dihasilkan umumnya digunakan untuk komersial

 

 

3.       Contoh produk bioteknologi

a.       Bioteknologi konvensional

Sumber : https://www.aanwijzing.com/2016/07/Bioteknologi-Pelajaran-Biologi-SMP-MTs-Kelas-IX.html

 

  

b.         Bioteknologi modern

 

Sumber : https://www.aanwijzing.com/2016/07/Bioteknologi-Pelajaran-Biologi-SMP-MTs-Kelas-IX.html

 

F.      Lembar Kegiatan Pembelajaran Murid

 

Lembar Kegiatan Pembelajaran Murid (LKPM)_01

 

1.       Judul : BioTeknologi”

2.       Tujuan : siswa dapat mendeskripsikan konsep bioteknologi

Siswa dapat mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari

 

3.       Ringkasan Materi

            Bioteknologi adalah penggunaan mikrobiologi, dan rekayasa genetika secara terpadu, untuk menghasilkan barang atau lainnya bagi kepentingan manusia.

Bioteknologi dapat digolongkan menjadi bioteknologi konvensional/ tradisional dan modern. Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memproduksi alkohol, asam asetat, gula, atau bahan makanan, seperti tempe, tape, oncom, dan kecap.

Mikroorganisme dapat mengubah bahan pangan. Proses yang dibantu mikroorganisme, misalnya dengan fermentasi, hasilnya antara lain tempe, tape, kecap, dan sebagainya termasuk keju dan yoghurt. Proses tersebut dianggap sebagai bioteknologi masa lalu. Ciri khas yang tampak pada bioteknologi konvensional, yaitu adanya penggunaan makhluk hidup secara langsung dan belum tahu adanya penggunaan enzim.

Bioteknologi modern adalah bioteknologi yang menggunakan teknik rekayasa genetik.Sumber bacaan: elok sudibyo dkk.ebook belajar IPA kelas 9. Dan sumber bacaan lain yang relevan

4.         Bahan Diskusi

 

1.    Bahan utama dalam pembutan tempe adalah............dengan bantuan mikroorganisme..................

2.    Sebutkan Keuntungan adanya fermentasi!

3.    Proses fermentasi dibagi menjadi dua yaitu :

a. ………………………., contoh : ............................

b. ………………………, contoh :…………………...

4.    Pada pembuatan tape singkong mikroorganisme yang berperan adalah........

5.    Lengkapi tabel berikut!

mikroorganisme

Bahan makanan

produk

Rhizopus oligoporus

Rhizopus oryzae

 

tempe

Aspergilus oryzae

kedelai

 

Aspergilus soyae

 

kecap

Monila sitophila

Bungkil kacang

 

 

susu

yogurt

Lactobacillus lactis

 

keju

Streptococcus  lactis

susu

 

 

            Belok,  9 Februari 2021

        Mengetahui,                                                                          Guru Mata pelajaran

        Kepala SMP Negeri 3 Petang

 

 

        Drs. I Ketut Sueta                                                              I Gede Joniarta, S.Pd.M.Pd        

NIP. 19641231 200604 1 178                                             NIP. 19800616 200604 1 022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar