RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
JARAK
JAUH (DARING) 
  
Satuan
Pendidikan         :  SMP Negeri 3 Petang
Mata
Pelajaran              : IPA
Kelas
/ Semester             : IX / 2 (genap) 
Pokok
Bahasan             :
Bioteknologi
Pembelajaran
ke            :
1 
  
A.   TUJUAN PEMBELAJARAN 
1.      
Melalui
diskusi, murid dapat menjelaskan prinsip dasar bioteknologi dengan tepat
2.      
Melalui survei, murid dapat menyebutkan 4 contoh bioteknologi yang ada di sekitar rumah
dengan baik. 
3.      
Setelah membaca buku paket, murid
dapat membedakan 2 jenis  bioteknologi
dengan tepat.
  
B.    SUMBER BELAJAR 
1.    Aplikasi
Zoom, Whatsapp, google classroom
2.    Lingkungan
disekitar murid berupa warung/minimarket
3.    Buku
panduan pegangan guru IPA kelas 9 SMP kurikulum 2013 
4.    Buku
murid siswa kurikulum 2013 kelas 9 
             
C.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
 
| Kegiatan | Deskripsi
  Kegiatan | 
| Pendahuluan  | ●       
  Guru memulai dengan kegiatan rutin
  membuka kelas (salam, berdoa, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian
  menggunakan platform daring yang dipilih. ●       
  Guru menanyakan murid tentang
  kegiatan yang diberikan pada pertemuan sebelumnya untuk mengamati produk
  bioteknologi yang ada di lingkungan sekitar rumah (warung, minimarket, atau
  dapur).  ●       
  Guru menyampaikan tujuan
  pembelajaran yang ingin dicapai.  ●       
  Murid melakukan absen di google
  classroom  | 
| Kegiatan Inti  | ·     
  Minta murid untuk:   1.      
  Menyampaikan hasil pengamatan
  produk bioteknologi di lingkungan sekitar rumah (warung, minimarket atau
  dapur).  2.      
  Melakukan diskusi hasil pengamatan
  dengan saling memberikan masukan atau tanggapan pada pendapat teman-teman di
  kelas. 3.      
  Membaca buku siswa Bab 7 tentang
  bioteknologi. 4.      
  Membuat pertanyaan yang berhubungan
  dengan bioteknologi 5.      
  Mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan
  itu melalui forum diskusi online. 6.      
  Mendiskusikan perbedaan
  bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern.   ·    
  Untuk murid yang belum bisa melaukan
  observasi/pengatan karena belum dapat menulis dengan lancar,atau masih
  malu-malu melakukan observasi, guru akan melakukan bimbingan individual atau
  meminta orang tua membantu melatih murid tersebut membuat kalimat pertanyaan
  sederhana. Guru akan membagikan beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh
  orang tua di rumah. (Guru melakukan
  diferensiasi proses). ·    
  Sebagai produk pembelajaran, murid
  kemudian diminta untuk menyajikan hasil observasi pruduk bioteknologi yang
  ada di sekitar rumah dan perbedaan bioteknologi konvensional dengan
  bioteknologi modern  melalui berbagai
  cara (bisa dengan gambar, poster, paragrap pendek, atau artikel pendek. (Guru melakukan diferensiasi produk
  berdasarkan kesiapan/readiness). Dengan ketentuan : 1.      
  Murid yang sudah bisa menulis akan
  menjelaskan dalam bentuk tulisan.  2.      
  Murid yang belum bisa menulis
  dengan lancar, boleh menjelaskan dalam bentuk gambar yang dibubuhi dengan
  satu atau dua kata dan kemudian menjelaskannya secara lisan.  ·    
  Murid dapat mengirimkan pekerjaan
  kepada guru melalui aplikasi WA atau google classroom. Pekerjaan murid dapat
  di foto atau mengirimkan filenya langsung sampai batas watu yang ditentukan
  di google classroom. | 
| Kegiatan Penutup  | ●       
  Guru
  meminta murid untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir
  sesi. ●       
  Guru memberikan umpan balik kepada
  murid.   ●       
  Guru menyampaikan tugas untuk
  membaca materi penerapan bioteknologi yang kan di bahas pada pertemuan
  berikutnya. ●       
  Guru menutup pembelajaran sesuai
  dengan prosedur rutin (salam, terimakasih, doa, dsb).  | 
 
D.     PENILAIAN 
Sikap                  
: Observasi terhadap sikap komitmen
murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas. 
Pengetahuan        : Menunjukkan pengetahuan tentang bioteknologi
Keterampilan         :
Mendemonstrasikan keterampilan membuat
poster, artikel sederhana.  
Strategi dan Alat Penilaian:  
Penilaian Sikap 
-      
Strategi:
Observasi ketepatan waktu pengumpulan tugas
-      
Alat:
Catatan di google classroom
| No | Nama
  murid | Tanggal
  penyetoran tugas | skor | 
|  |  |   |   | 
|  |  |   |   | 
|  |  |  |  | 
 
  Rubrik Penilaian 
| Uraian | Skor | 
| Laporan disetor 2
  minggu lewat batas waktu | 1 | 
| Laporan disetor 1
  minggu lewat batas waktu | 2 | 
| Laporan disetor 5
  hari lewat batas waktu | 3 | 
| Laporan disetor 3
  hari lewat batas waktu | 4 | 
| Laporan disetor
  tepat batas waktu | 5 | 
Penilaian pengetahuan 
Teknik
: Tes Tulis
Bentuk
: Pilihan ganda
Instrumen Penilaian Pengetahuan  (https://forms.gle/TPEmkxtopPrSg1kb7) :
Petunjuk
Pilihlah salah satu
jawaban yang paling tepat!
1.       Keuntungan proses fermentasi makanan adalah sebagai berikut,
kecuali ....
a. nilai gizi lebih tinggi
b. cita rasa lebih baik
c. harganya lebih murah
d. aroma lebih menarik
2.       Tindakan berikut ini yang dilakukan dalam bioteknologi modern
adalah ....
a. tidak menggunakan prinsip ilmiah
b. menggunakan peralatan canggih
c. dilakukan secara sederhana
d. tidak diproduksi secara besar-besaran
3.       Rekayasa genetika sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia,
antara lain ....
a.    memperoleh hormon insulin dengan memanfaatkan bakteri 
b.    meningkatkan
kesuburan tanah dengan pupuk buatan 
c.    menentukan
unsur yang diperlukan oleh tanaman 
d.    memperoleh
cara pengobatan penyakit dengan tepat
4.       Dengan
bioteknologi, reproduksi tanaman secara vegetatif dalam jumlah yang banyak dan
seragam dapat dilakukan melalui cara ....
a. rekombinasi gen
b. cangkok
c. hidroponik
d. kultur jaringan
5.       Bioteknologi merupakan penerapan berbagai
bidang ilmu, yaitu ....
a. biologi, matematika, fisika, dan kimia
b. biologi, kimia, fisika, dan pertanian
c. mikrobiologi, genetika, biologi molekuler,
dan biokimia
d. biologi, kimia, matematika, dan genetika
6.       Perbedaan antara bioteknologi konvensional
dengan bioteknologi modern terletak pada ....
a. produk yang dihasilkan
b. manfaat produknya
c. mikroorganisme yang digunakan
d. prinsip-prinsip ilmiah yang digunakan
7.       Produk bioteknologi modern antara lain....
a. tempe, tape, kecap, dan asam amino
b. asam amino, kecap, vaksin, dan enzim
c. enzim, vaksin, asam amino, dan antibiotika
d. tempe, asam amino, antibiotika, dan cuka
8.       Gas bio sebagai hasil bioteknologi memiliki
kelebihan, yaitu ....
a. tidak menyebabkan pencemaran lingkungan
b. diproduksi oleh mikroorganisme
c. mudah memproduksinya
d. bahan bakunya limbah pertanian dan peternakan
9.       Yang dapat kita golongkan sebagai protein sel
tunggal adalah ....
a. protein kedelai dan kacang tanah
b. protein sel ganggang dan ragi
c. protein ikan dan daging
d. protein tahu dan tempe
10.   Dampak negatif bioteknologi haruslah tetap
diwaspadai sebab ....
a. mikroorganisme akan bertambah banyak
b. merusak tatanan kehidupan manusia
c. organisme transgenik dapat mempengaruhi
keseimbangan lingkungan
d. meningkatkan pencemaran lingkungan
Kunci jawaban :
1.c 2.b 3.a 4.d 5.c 6.d 7.c 8.d 9.b 10.c 
   Rubrik Penilaian
| No | Nama
  murid | Skor
  perolehan | Nilai | Tuntas/belum
  tuntas | 
|  |  |   |   |  | 
|  |  |   |   |  | 
|  |  |  |  |  | 
                        Skor
perolehan
Nilai
    = 
--------------------------------- x 100
                        Skor maksimal
Keterampilan 
Teknik : Penilaian pruduk poster,
artikel, paragraph pendek
Rubrik 
Kelengkapan dan
ketepatan deskripsi 
| Uraian | Skor | 
| Deskripsi laporan tidak lengkap
  dan tidak tepat | 1 | 
| Deskripsi laporan lengkap dan
  kurang tepat | 2 | 
| Deskripsi laporan kurang lengkap
  kurang tepat | 3 | 
| Deskripsi laporan lengkap dan
  tepat | 4 | 
| Deskripsi laporan sangat  lengkap dan tepat | 5 | 
| No | Nama
  murid | Skor
  perolehan | Nilai | Tuntas/belum
  tuntas | 
|  |  |   |   |  | 
|  |  |   |   |  | 
|  |  |  |  |  | 
                        Skor
perolehan
Nilai
    = 
--------------------------------- x 100
                        Skor maksimal
E.     
BAHAN AJAR
1.       Pengertian
dan prinsip dasar bioteknologi
Bioteknologi
adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup untuk
menghasilkan barang dan jasa. Makhluk hidup yang dipakai dalam bioteknologi
disebut sebagai agen bioteknologi. Agen disini ga kaya FBI atau CIA ya. Tapi
berupa mikroorganisme yang udah baik banget mau membantu bioteknologi.
Mikroorganisme
yang digunakan dalam bioteknologi bisa dalam keadaan utuh atau hanya sebagian.
Maksudnya gimana tuh? Maksudnya, kalau dalam keadaan utuh artinya
mikroorganisme langsung dipakai secara utuh untuk menghasilkan produk atau jasa
bioteknologi. Misalnya, kalau mau bikin nata de coco maka
bisa langsung menggunakan bakteri Acetobacter Xylinum. Contoh
lainnya kacang kedelai yang langsung ditambahkan jamur Rhizopus
oryzae untuk membuat tempe. Terus, agen bioteknologi sebagian yang
kaya gimana? Artinya, makhluk hidup yang digunakan adalah sebagian dari makhluk
hidup itu, misal hanya diambil enzim atau DNA-nya.
Oh iya, meskipun nata de coco menggunakan
mikroorganisme bakteri dalam pembuatannya, jangan takut ini bakal merusak
kesehatanmu ya. Karena, penggunaan agen bioteknologi ini sudah diuji dan diolah
sedemikian rupa sehingga aman untuk kesehatan.
2.       Jenis
bioteknologi
Berdasarkan dua
jenis agen bioteknologi, bioteknologi digolongkan menjadi dua, yaitu bioteknologi
konvensional (tradisional) dan bioteknologi modern. Apa aja sih ciri-cirinya?
| Bioteknologi Konvensional | Bioteknologi Modern | 
| Menggunakan mikroorganisme utuh secara langsung | Menggunakan sebagian dari mikroorganisme (bisa DNA, RNA,
  atau ensim dari mikroorganisme) | 
| Teknologi (teknik dan peralatan) masih sederhana | Teknologi (teknik dan peralatan) sudah canggih | 
| Pemanfaatan mikroorganisme terbatas | Pemanfaatan mikroorganisme ditambah teknologi moder | 
| Jasa/produk yang dihasilkan umumnya digunakan untuk kalangan
  sendiri | Jasa/produk yang dihasilkan umumnya digunakan untuk
  komersial | 
3.       Contoh
produk bioteknologi
a.       Bioteknologi
konvensional
Sumber
: https://www.aanwijzing.com/2016/07/Bioteknologi-Pelajaran-Biologi-SMP-MTs-Kelas-IX.html
b.        
Bioteknologi modern
Sumber
: https://www.aanwijzing.com/2016/07/Bioteknologi-Pelajaran-Biologi-SMP-MTs-Kelas-IX.html
F.     
Lembar Kegiatan Pembelajaran Murid
Lembar Kegiatan
Pembelajaran Murid (LKPM)_01
1.       Judul
: BioTeknologi”
2.      
Tujuan : siswa
dapat mendeskripsikan konsep bioteknologi
Siswa dapat mendeskripsikan
penerapan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari
3.      
Ringkasan Materi
            Bioteknologi
adalah penggunaan mikrobiologi, dan rekayasa genetika secara terpadu, untuk
menghasilkan barang atau lainnya bagi kepentingan manusia.
Bioteknologi dapat
digolongkan menjadi bioteknologi konvensional/ tradisional
dan modern. Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi
yang memanfaatkan mikroorganisme untuk memproduksi
alkohol, asam asetat, gula, atau bahan makanan, seperti
tempe, tape, oncom, dan kecap.
Mikroorganisme dapat
mengubah bahan pangan. Proses yang dibantu mikroorganisme,
misalnya dengan fermentasi, hasilnya antara lain tempe,
tape, kecap, dan sebagainya termasuk keju dan yoghurt.
Proses tersebut dianggap sebagai bioteknologi masa lalu. Ciri khas yang tampak pada bioteknologi konvensional, yaitu adanya penggunaan makhluk hidup secara langsung dan belum tahu adanya penggunaan enzim.
Bioteknologi modern adalah bioteknologi yang menggunakan teknik rekayasa
genetik.Sumber bacaan: elok sudibyo dkk.ebook belajar IPA kelas 9. Dan sumber bacaan lain yang
relevan
4.        
Bahan Diskusi
1.    Bahan utama dalam pembutan tempe
adalah............dengan bantuan mikroorganisme..................
2.    Sebutkan Keuntungan adanya
fermentasi! 
3.    Proses fermentasi dibagi menjadi
dua yaitu :
a. ………………………., contoh : ............................
b. ………………………, contoh :…………………...
4.    Pada pembuatan tape singkong
mikroorganisme yang berperan adalah........
5.    Lengkapi tabel berikut!
| mikroorganisme | Bahan
   makanan  | produk | 
| Rhizopus oligoporus Rhizopus oryzae |  | tempe | 
| Aspergilus
  oryzae | kedelai |  | 
| Aspergilus
  soyae |  | kecap | 
| Monila
  sitophila | Bungkil
  kacang |  | 
|  | susu | yogurt | 
| Lactobacillus
  lactis |  | keju | 
| Streptococcus  lactis | susu |  | 
            Belok,  9 Februari 2021
        Mengetahui,                                                                          Guru
Mata pelajaran
        Kepala SMP Negeri 3 Petang
        Drs.
I Ketut Sueta                                                              I
Gede Joniarta, S.Pd.M.Pd         
NIP. 19641231 200604 1 178                                             NIP.
19800616 200604 1 022 

Tidak ada komentar:
Posting Komentar